Search This Blog

Friday 18 July 2014

Contoh Proposal Kerja Praktek di Pertamina

A.      Latar Belakang
Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib di Jurusan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya yang harus ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin sebagai salah satu syarat penyelesaian studi.
Dalam pelaksanaan kerja praktek ini mahasiswa diharapkan dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk diterapkan dalam perusahaan dan industri. Melalui pengalaman ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa sehingga memiliki daya nalar dan pemahaman mengenai pengetahuan teknik mesin yang terarah, sehingga selanjutnya mahasiswa dapat membuat suatu perencanaan atau perhitungan secara teknis, mencari solusi masalah keteknikan, memahami pengoperasian, dan mampu mengembangkan teknologi dalam lingkungan suatu perusahaan.
Untuk mempersiapkan tenaga ahli tersebut diatas, sangat diperlukan kerja sama yang erat antara perguruan tinggi dengan instalasi perusahaan, dalam hal ini kalangan industri yang bersangkutan adalah PT. PERTAMINA EP PRABUMULIH. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan diadakannya Kerja Praktek bagi mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sriwijaya di perusahaan industri yang bersangkutan, guna menghasilkan mahasiswa yang berkualitas dan handal.

B.       Landasan Dasar Kegiatan
Landasan dasar kegiatan ini adalah :
Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian terhadap Masyarakat yang merupakan landasan mahasiswa dalam mencari, menekuni, dan mengembangkan ilmu yang di dapat dalam meningkatkan kualitas profesionalisme serta kaitannya untuk terjun ke dalam masyarakat.

1.    Kurikulum Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

2.    Objek Kuliah Praktek yang dituju adalah industri yang berkenaan dengan bidang yang dimiliki khususnya industri permesinan ataupun Dunia Industri secara global.
3.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai agar dapat menjadi bekal untuk menunjang karir di masa yang akan datang.

C.      Tujuan Kerja Praktek
1.      Tujuan Umum
a.    Mengadakan studi banding untuk mengetahui secara mendalam sampai seberapa jauh pengetahuan yang  telah didapat oleh mahasiswa di bangku kuliah yang dapat dipraktekkan di dunia kerja yang sesungguhnya.
b.    Memahami secara umum kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan, khususnya di bidang permesinan.
c.    Meningkatkan wawasan dan daya nalar mahasiswa tentang pengopersian mesin-mesin dan aspek-aspek keteknikan dalam suatu industri.
d.   Meningkatkan profesionalisme mahasiswa Teknik Mesin dengan adanya transfer informasi dari kalangan dunia industri kepada mahasiswa.

2.      Tujuan Khusus
a.    Untuk Universitas, dapat memperoleh gambaran tentang perusahaan sebagai bahan informasi untuk mengembangkan kurikulum di jurusan.
b.    Untuk mahasiswa, dapat mengetahui lebih mendalam penerapan teori yang didapat mahasiswa dan yang diterapkan dalam dunia kerja sesungguhnya.
c.    Untuk Perusahaan, dapat memperoleh usulan dan saran tertulis dari mahasiswa terhadap permasalahan yang terjadi di perusahaan.

D.      Permasalahan
Ilmu pengetahuan yang dipelajari selama perkuliahan adalah tujuh puluh persen bersifat teori, lebih dari itu ilmu tersebut pada dasarnya mengacu pada keadaan ideal.

Seperti diketahui bahwa dalam suatu pabrik atau industri semua disiplin ilmu dipakai, diantaranya adalah ilmu Teknik Mesin (permesinan). Untuk itu melaui kerja praktek ini diharapkan dapat mengetahui kondisi perusahaan secara umum misalnya mengenai perkembangan perusahaan, organisasi dan kegiatan-kegiatan perusahaan.

PT. PERTAMINA EP PRABUMULIH dipilih sebagai industri yang tepat untuk melaksanakan kerja praktek, karena dinilai sangat baik sebagai tempat penerapan ilmu teknik khususnya di bidang Teknik Mesin, dan juga dinilai telah berhasil dan sukses mengembangkan inovasi teknologi dalam proses pembangkit untuk mencapai hasil yang optimal.

Adapun hal-hal yang berhubungan langsung dengan kurikulum Teknik Mesin adalah :
1.        Preventif Maintenance (PM), tujuannya untuk menjaga peralatan agar mempunyai unsur kerja yang relative lama/panjang, selain itu juga untuk mengetahui lebih dini kerusakan yang lebih fatal pada peralatan mesin tersebut.
2.        Operation, tujuannya adalah Mahasiswa dapat mengoperasikan mesin-mesin yang digunakan di PT. PERTAMINA EP PRABUMULIH.
3.        Problem Analyse, tujuannya untuk menganalisa penyebab timbulnya masalah yang terjadi pada mesin-mesin industri.
4.        Solving Problem, tujuannya untuk mencari pemecahan masalah-masalah yang terjadi pada kerusakan mesin industri.
5.        Repair, tujuannya untuk memperbaiki elemen-elemen mesin atau peralatan lainnya sehingga berfungsi dengan semestinya.

Selain mengetahui sistem produksi suatu pabrik, kami juga membutuhkan pengetahuan tentang manajemen di perusahaan itu sendiri. Adapun tujannya agar kami mengetahui prosedur-prosedur dalam sistem manajemen perusahaan tersebut, sehingga akan membantu kami dalam penyusunan laporan hasil kerja praktek. Dalam hal ini sistem yang akan kami pelajari adalah sebagai berikut :
  1. Susunan perusahaan
  2. Manajemen Perusahaan
  3. Persoalan Perburuhan
  4. Bahan baku yang digunakan
  5. Proses pengolahan bahan baku
  6. Mesin-mesin yang dipakai
  7. Lay out dari mesin di dalam perusahaaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan perusahaan

Dengan melihat kenyataan diatas, maka kami berusaha dan mengharapkan tanggapan positif dari pihak PT. PERTAMINA EP PRABUMULIH untuk dapat memberikan kesempatan kepada kami agar dapat melakukan Kerja Praktek tersebut.







E.       Waktu dan Jadwal Pelaksanaan
Kami mengusulkan untuk melaksanakan kerja praktek ini selama dua bulan dimulai pada tanggal 03 Februari 2014 s/d. 03 April 2014, dan bertempat di PT. PERTAMINA EP PRABUMULIH.

Adapun jadwal kegiatan adalah sebagai berikut:
No.
Uraian Kegiatan
Minggu
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Orientasi
ü
ü
-
-
-
-
-
-
2
Studi Kepustakaan
ü
ü
-
-
-
-
-
-
3
Praktek Lapangan
-
-
ü
ü
ü
-
-
-
4
Menganalisa Data-data Lapangan
-
-
-
-
-
ü
ü
-
5
Penyelesaian Laporan dan Evaluasi
-
-
-
-
ü
ü
ü
ü

Keterangan :
ü  : Pelaksanaan kegiatan
-            : Tidak ada kegiatan

F.       Penutup
   Demikianlah proposal ini kami ajukan dengan harapan semoga PT. PERTAMINA EP PRABUMULIH dapat menerimanya. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.







No comments:

Post a Comment